14 Sep 2015

Auf Das Leben! – Untuk Hidup!

Untuk Hidup, Kita Butuh Tujuan. Bahkan seperti lebah di taman, pun mereka punya tujuan hidup. Menyebarkan serbuk sari biar bunga tetap berseri dan bisa dibuat madu darinya.

Dan untuk mempunyai tujuan, kita butuh alasan. Seperti yang tujuannya ingin masuk surga, kemungkinan besar alasannya karna surga itu indah merona semua ada senantiasa bahagia kekal abadi selamanya. Untuk yg ingin kaya pun juga begitu, alasannya bisa karna ingin bahagiakan orang tua lalu pamer harta dan naik martabat di depan teman-temannya. Dan yang rajin bekerja, alasan lebih banyak lagi. Karna tanggung jawab, naik pangkat, naik gaji, dll.

Tanpa alasan, tujuan bakal kabur. Seperti Lene yang kehilangan alasan ketika Nelly memutuskan untuk kembali ke suaminya. Lene yang semula ingin ke Palestina bersama Nelly untuk membantunya menyusun kembali hidupnya pasca menjadi korban perang, memutuskan untuk bunuh diri setelah keputusan Nelly tersebut. Tujuan Lene untuk ke Palestina pun hilang, dan itu adalah satu-satunya tujuan yang ia punya.

Begitu pula dengan Ruth. Pengalaman traumatis semasa kecil dan kisah hidupnya yang membuatnya harus hidup sendiri dan pindah ke sebuah apartemen berujung pada percobaan bunuh diri. Namun beruntung Jonas menemukannya dan membawanya ke rumah sakit disaat yang tepat. Jonas, pemuda yang juga kehilangan tujuan hidup karna menderita penyakit yang membuatnya menjauhi kekasihnya, membantu Ruth untuk alasan kemanusiaan.

Tapi karna tindakannya tersebut, mobil Jonas – yang juga merupakan rumah baginya –  dicuri segerombolan anak kecil ketika ia buru-buru membawa Ruth ke dalam rumah sakit. Kini Jonas harus membantu Ruth lebih lanjut agar ia dapat tinggal di apartemennya untuk sementara. Dan Ruth, pun kembali mempunyai tujuan hidup setelah membantu Jonas bertemu kekasihnya dan juga bergabung dengan pasien lain untuk saling membantu di rumah sakit tersebut.

Lene dan Ruth adalah dua kisah diwaktu berbeda ketika kita harus sedikit lebih sabar ketika disudutkan pada kesendirian. Kita hanya butuh waktu untuk kembali menemukan tujuan hidup ketika hilang.

Nelly & Lene : Phoenix (2014).
Ruth & Jonas : Auf Das Leben! (2014).

2 thoughts on “Auf Das Leben! – Untuk Hidup!”

Tinggalkan Komentar?

Your email address will not be published.

*